Berita & Event Rumah Sakit


Resiko Bekerja Shift Malam

 

Kebanyakan orang umumnya bekerja dari pagi hari hingga sore atau malam hari, namun adakah sahabat Permata yang sering mengambil shift malam? ternyata bekerja di malam hari dapat memberi pengaruh terhadap tubuh lho…akibatnya pekerja shift malam juga berisiko untuk mengalami penyakit-penyakit yang serius akibat pola hidup yang tidak sehat. Nah Berikut tips-tips kesehatan bagi sahabat Permata yang bekerja pada malam hari:

1. Mengatur pola tidur

jangan tunda tidur, luangkan waktu 7-9 jam untuk tidur setelah bekerja shift malam. jika berkesempatan untuk istirahat, tidurlah di rentang pukul 22-24.00 karena di saat itulah metabolism liver sangat membutuhkan istirahat kita.

2. Atur pola makan yang sehat

batasi caffeine, jika ingin nyamil makanan instan di tengah malam, siapkan buah atau serat gandum. hindari makanan yang sulit dicerna seperti gorengan, makanan pedas dan makanan olahan. Hindari juga makanan yang terlalu manis, walaupun makanan manis dapat memberikan energy, namun makanan ini juga dapat menurunkan energy lebih cepat karena sulit dipecah.

3. Minum air putih yang cukup

4. Tidur Siang

tidur siang terbukti meningkatkan dan memulihkan kekuatan otak. Tidur setidaknya 45 menit saat istirahat dari pekerjaan atau tidur siang selama 20-45 menit juga terbukti bermanfaat lho bagi pekerja shift malam untuk menghilangkan rasa lelah...Nah tapi idealnya tidur siang jangan melebihi 45 menit yaah sahabat Permata..supaya manfaatnya maksimal.

 

 

Pekerja malam biasanya cenderung memiliki pola hidup yang tidak sehat, misalnya seperti Akibatnya, mereka berisiko terkena penyakit yang serius. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang sering terjaga semalaman lebih berisiko mengidap kanker jenis tertentu, diabetes, penyakit jantung, obesitas dan gangguan kognitif. Selain itu, tubuh yang dipaksa untuk tetap terjaga pada malam hari yang seharusnya menjadi waktu beristirahat, menyebabkan kebanyakan pekerja malam mengalami insomnia.

 

?>